Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam Literasi membaca, literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Sosial Budaya dan profil keunggulan.

Pada setiap soalĀ  pada masing masing literasi terdiri dari beberapa 3 stage setiap stage berisi 16-20 soal yang semuanya berbentuk pilihan dan pertanyaan benar salah.

Pelaksanaan AKMI di MI Modern Al Azhary yaitu selama 2 hari yaitu haru Rabu dan Kamis 4 dan 5 Oktober 2023. Peserta Akmi adalah kelas 5 untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasiĀ  merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Dikutip dari media sosial madrasah reform berikut penjelasan mengenai literasi.

Literasi Numerasi adalah kemampuan berkipikir munggunakan konsep, prosedur fakta dan aalat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari -hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara indonesia dan dunia.

Literasi Sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains untuk menjelaskan fenomena alam secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti secara ilmiah.

Literasi Sosial Budaya adalah kemampuan memahami,menerima, respek, serta berpikir kritis dan reflektif dalam menyikapi realistis sosial maupun realistis budaya yang berbeda, serta menggunakanya untuk meningkatkan pengetahuan dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Profil Keunggulan memuat pertanyaan terkait kegiatan di lingkungan sekolah dan kepribadian diri sendiri serta profil orang tua.(susilo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *