BELAJAR BERSAMA MENUNAIKAN SUNAH NABI MUHAMMAD SAW

Santunan Anak Yatim Tahun 2023
AJIBARANG – Lebaran anak yatim atau Idul Yatama merupakan peringatan yang diadakan setiap 10 Muharam 1445 H. Idul Yatama pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 28 Juli 2023.

Pada hari tersebut sebagian umat Islam menjalankan tradisi menyantuni anak yatim. Idul Yatama memang hanya sebagai peringatan biasa untuk mengingatkan kembali betapa mulianya amalan menyantuni anak yatim. Momentum tersebut dapat dijadikan penyemangat untuk senantiasa berbuat baik pada anak yatim kapan pun juga, tanpa perlu menunggu peringatannya tiba. Dengan demikian, sunnah Rasulullah terhadap anak yatim akan terus terjaga sampai kapan pun.


Keutamaan menyantuni anak yatim pun akan berlanjut sampai di akhirat. Mereka yang peduli pada anak yatim dijanjikan memiliki kedudukan yang lebih baik di akhirat kelak. Nabi Muhammad bersabda: “Aku dan
orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.” (HR al-Bukhari no. 4998 dan 5659)


Peringatan Idul Yatama tahun ini, MI Modern Satu Atap Al Azhary menyelenggarakan pemberian santunan kepada anak yatim/piatu/yatim piatu pada hari Jumat, 28 Juli 2023 dimulai pukul 07.30 WIB. Sasaran penerima santunan sejumlah 10 anak yang tersebar dari kelas 1-6.


Madrasah menyampaikan terima kasih kepada tenaga pendidik dan kependidikan, serta keluarga besar wali siswa kelas 1-6 MI Modern Satu Atap Al Azhary yang telah menyisihkan sebagian rezeki kepada anak yatim/piatu/yatim piatu melalui madrasah. Total uang yang terkumpul sebanyak Rp 16.261.500,00. Masing-masing anak yatim/piatu/yatim piatu menerima santunan berupa perlengkapan sekolah dan tabungan akademik. (Daffa Agthia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *